Biografi Amalsyah Tarmizi, S.IP

Biografi-Amalsyah-Tarmizi-S.IPAmalsyah Tarmizi, S.IP yang lahir di Jakarta, 10 Juni 1962 ini semakin populer dengan semakin giatnya menumbuhkan kembali rasa kebangsaan yang tinggi di tengah masyarakat dengan mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Di balik ketegasannya, Amalsyah merupakan sosok yang santun, sederhana, dan ramah kepada seluruh elemen masyarakat. Bahkan filosofi bernyanyi diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, bernyanyi tidak hanya saat bahagia, tetapi juga saat ingin bahagia. “Saya hobi bernyanyi. Kalau ingin bahagia, maka bernyanyilah,” ujar lulusan Akademi Militer tahun 1985 ini kepada salah satu surat kabar harian di Lampung.

Pendidikan, Karir, Prestasi

Amalsyah merupakan putra Lampung yang lahir di Jakarta, dengan jenjang pendidikan formal dimulai di Bandar Lampung diantaranya SD Teladan Tanjung Karang tahun 1974. Kemudian, melanjutkan pendidikan di SMPN 2 Bandar Lampung dan tamat pada tahun 1977. Selanjutnya, mengenyam pendidikan di SMAN 2 Bandar Lampung hingga tahun 1981.

Sejak kecil, putra pasangan H. A. Tarmizi Nawawi dan Hj. Rosmaniar Balau ini selalu mendapatkan nilai-nilai budi pekerti luhur serta norma-norma keagamaan dan kesopanan dari orangtuanya. Anak ke-2 dari 8 bersaudara ini pindah ke Lampung menjelang pembentukan Provinsi Lampung. Itu karena sang ayah merupakan ajudan Gubernur pertama Lampung Kusno Danupoyo. H. A. Tarmizi Nawawi juga seorang pahlawan yang menerima Bintang Gerilya.

H. Amalsyah Tarmizi, S.IP menikah dengan Hj. Kania Riffianti, S.Sos yang merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Angkatan 1987. Mereka dikaruniai tiga buah hati di antaranya Aji Bima Amriza, Arvin Ditto Amriza, dan Amalia Shafa Amriza.

Sebagai seorang prajurit yang mengabdi kepada negara dan bangsa, karier militernya dimulai dengan menjabat Danton III/B Yonzipur 3 (1985), Ps.Wadan Yonzipur 2 Dam II/Swj. Karirnya terus meningkat hingga menjabat Kazidam II/Swj, Aslog Kasdam II/Swj dan Danrem 043/Gatam. Selain jabatan karir di militer, berbagai jabatan penting lain pernah disandangnya antara lain Ketua Umum KKI Sumsel, Ketua Umum PHSI Sumsel, Komandan Kontingen PON XVI dan XVII Prov.Sumsel, Manager Sriwijaya FC, Kabid Binpres KONI Sumsel, Wakil Ketua Pengprov PSSI Sumsel, dan Ketua Umum INKAI Pengprov Lampung.

Subscribe to receive free email updates: