Pengertian Moral, Etika, Norma, Nilai dan Akhlak serta Macam-macam &Contohnya

Memahami bagaimana pengertian moral, etika, norma, nilai dan akhlak serta macam-macam dan contohnya sangat penting penting sekali untuk kita semua. Karena, semua itu adalah bagian terpenting yang pasti ada pada setiap individu manusia, dan selalu digunakan dalam menjalani kehidupan, khususnya saat bersosialisasi.

A. Pengertian Etika, Norma, Nilai dan Akhlak Menurut Ahli 

Pengertian Moral 
Moral (Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Moral adalah nilai ke-absolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Moral adalah produk dari budaya dan Agama. (wikipedia)

Pengertian moral dalam kamus psikologi : Dituliskan bahwa moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku. (Chaplin, 2006)

Pengertian Etika 
Etika adalah ilmu tentang baik dan buruknya perilaku, hak dan kewajiban moral; sekumpulan asa atau nila-nilai yang berkaitan dengan akhlak; nilai mengenai benar atau salahnya perbuatan atau perilaku yang dianut masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Nilai
Pengertian Nilai menurut Spranger adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu. Dalam pandangan Spranger, kepribadian manusia terbentuk dan berakar pada tatanan nilai-nilai kesejarahan. Meskipun menempatkan konteks sosial sebagai dimensi nilai dalam kepribadian manusia, namun Spranger mengakui akan kekuatan individual yang dikenal dengan istilah roh subjektif. Sementara itu, kekuatan nilai-nilai kebudayaan merupakan roh objektif. Kekuatan individual atau roh subjektif didudukkan dalam posisi primer karena nilai-nilai kebudayaan hanya akan berkembang dan bertahan apabila didukung dan dihayati oleh individu.

Penerimaan nilai oleh manusia tidak dilakukan secara pasif melainkan secara kreatif dan aktif. Dalam proses manusia menerima nilai ini terjadi hubungan dialektis antara roh objektif dengan roh subjektif. Artinya, roh objekif akan berkembang jika didukung oleh roh subjektif, sebaliknya roh objektif akan berkembang dengan berpedoman kepada roh objektif yang diposisikan sebagai cita-cita yang harus dicapai. Nilai merupakan sesuatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk mewujudkannya.

Pengertian Norma
Norma Menurut Giddens, adalah prinsip atau aturan yang konkret , yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.

Pengertian Akhlak
Tiga pakar di bidang akhlak yaitu Ibnu Miskawaih, Al Gazali, dan Ahmad Amin menyatakan bahwa akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu.

B.Macam-Macam Moral, Etika, Norma, Nilai dan Akhlak

Macam-macam Moral 
Moral terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Moral keagamaan
    Merupakan moral yang selalu berdasarkan pada ajaran agama Islam.

  2. Moral sekuler
    Merupakan moral yang tidak berdasarkan pada ajaran agama dan hanya bersifat duniawi semata-mata.
Contoh moral dalam kehidupan sehari-hari

Kalau kita menemukan tas yang berisikan dokumen penting dan juga sejumlah uang yang terdapat dalam tas tersebut. Seandainya kita memiliki moral yang baik maka kita akan memberikan tas itu kepada pemiliknya atau kalau tidak pada yang berwajib.

Macam-macam etika
Etika terbagi menjadi 4 yaitu :
  1. Etika deskriptif
    Memberikan gambaran & ilustrasi tentang tingkah laku manusia ditinjau dari nilai-nilai baik dan juga buruk serta hal-hal yang mana yang boleh dilakukan sesuai dengan norma etis, yang dianut oleh masyarakat.

  2. Etika normative
    Membahas & mengkaji ukuran baik, buruknya tindakan manusia, yang biasanya dikelompokkan menjadi, sebagai berikut ini:

  3. Etika Umum
    Membahas berbagai macam berhubungan dengan kondisi manusia untuk bertindak etis dalam mengambil berbagai macam kebijakan berdasarkan teori-teori dan juga prinsip-prinsip moral.

  4. Etika khusus
    Etika khusus merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Penerapannya dapat berupa bagaimana mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Selain itu penerapannya juga dapat berupa bagaimana menilai prilaku diri dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan.
Contoh Etika dalam Kehidupan Sehari-hari :
  • Mengucapkan salam saat bertamu

  • Cium tangan orang tua sebelum melakukan aktifitas sehari-hari

  • Membuang sampah pada tempatnya

  • Meminta maaf saat melakukan kesalahan

  • Makan menggunakan tangan kanan
Macam-macam norma 

Norma terbagi menjadi 4 yaitu :
  1. Norma Agama

  2. Norma Hukum

  3. Norma Kesusilaan

  4. Norma Adat
Contoh norma agama :

Semua agama mengajarkan agar umatnya tidak mencelakakan orang lain. Bagi yang melanggarnya akan mendapatkan sanksi, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Macam-macam Nilai
Dalam filsafat, nilai terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Nilai logika adalah nilai benar salah

  2. Nilai estetika adalah nilai indah tidak indah

  3. Nilai etika/moral adalah nilai baik buruk
Notonegoro dalam Kaelan (2000) menyebutkan adanya 3 macam nilai. Diantaranya adalah :
  1. Nilai material, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi kehidupan jasmani manusia atau kebutuhan ragawi manusia.

  2. Nilai vital, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk dapat mengadakan kegiatan atau aktivitas.

  3. Nilai kerohanian, yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Nilai kerohanian meliputi nilai kebenaran, nilai keindahan, dan nilai kebaikan/moral.
Contoh nilai kerohanian : 
  • Berdzikir, mengingat Allah

  • Membaca Al Qur'an

  • Shalat
Macam-macam Akhlak 

Akhlak terbagi menjadi 5 yaitu :
  1. Akhlak berkularga

  2. Akhlak pribadi

  3. Akhlak beragama

  4. Akhlak bernegara

  5. Akhlak bermasyarakat
Contoh akhlak mulia yang diajarkan agama Islam : 
  • Bertutur Kata Yang Baik,

  • Mengucapkan Dan Menjawab Salam,

  • Memiliki Sifat Malu,

  • Memiliki sikap Pemurah, pemaaf, dan tawadhu’.
C. Persamaan dan Perbedaan Antara Moral, Etika, Norma, Nilai dan Akhlak

Persamaan antara moral, etika, norma, nilai dan akhlak yang dapat dipaparkan sebagai berikut:
  • moral, etika, norma, nilai dan akhlak mengacu kepada ajaran atau gambaran tentang perbuatan, tingkah laku, sifat, dan perangai yang baik.

  • moral, etika, norma, nilai dan akhlak merupakan prinsip atau aturan hidup manusia untuk menakar martabat dan harakat kemanusiaannya. Sebaliknya semakin rendah kualitas akhlak, etika, moral seseorang atau sekelompok orang, maka semakin rendah pula kualitas kemanusiaannya.

  • moral, etika, norma, nilai dan akhlak seseorang atau sekelompok orang tidak semata-mata merupakan faktor keturunan yang bersifat tetap, stastis, dan konstan, tetapi merupakan potensi positif yang dimiliki setiap orang. Untuk pengembangan dan aktualisasi potensi positif tersebut diperlukan pendidikan, pembiasaan, dan keteladanan, serta dukungan lingkungan, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara tersu menerus, berkesinambangan, dengan tingkat keajegan dan konsistensi yang tinggi.
Perbedaan antara moral, etika, norma, nilai dan akhlak yang dapat dipaparkan sebagai berikut:
  • Akhlak merupakan istilah yang bersumber dari ajaran agama. Nilai-nilai yang menentukan baik dan buruk, layak atau tidak layak suatu perbuatan, kelakuan, sifat, dan perangai dalam akhlak bersifat universal dan bersumber dari ajaran Tuhan. Sementara itu, etika merupakan filsafat nilai, pengetahuan tentang nilai-nilai, dan kesusilaan tentang baik dan buruk. Jadi, etika bersumber dari pemikiran yang mendalam dan renungan filosofis, yang pada intinya bersumber dari akal sehat dan hati nurani. Etika besifat temporer, sangat tergantung kepada aliran filosofis yang menjadi pilihan orang-orang yang menganutnya.
Setelah membaca sedikti pembahasan mengenai pengertian moral, etika, norma, nilai dan akhlak serta macam-macam dan contohnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :

Etika adalah ilmu yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia semuanya, terutama yang mengenai gerak gerik pikiran dan rasa yang merupakan pertimbangan dan perasaan sampai mengenai tujuannya yang merupakan perbuatan. Norma adalah aturan-aturan yang berisi petunjuk tingkah laku yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia dan bersifat mengikat. Hal ini berarti manusia wajib mentaati norma yang ada.

Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerlukan pertimbangan dan pemikiran. Sedangkan etika adalah ilmu yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia semuanya, terutama yang mengenai gerak gerik pikiran dan rasa yang merupakan pertimbangan dan perasaan sampai mengenai tujuannya yang merupakan perbuatan. Dan jika moral adalah suatu tindakan yang sesuai dengan ukuran tindakan yang umum diterima oleh kesatuan sosial atau lingkungan tertentu.Yang menjadi sumber akhlak adalah yang menjadi ukuran baik dan buruk atau mulia dan tercela.. Jika dalam etika untuk menentukan nilai perbuatan manusia baik atau buruk tolak ukur yang digunakan atau sumbernya adalah akal pikiran atau rasio (filsafat), sedangkan dalam pembicaraan moral tolak ukur yanng digunakan adalah norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung dimasyarakat.

Akhlak terbagi menjadi dua macam, yaitu: akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah. Jika etika terbagi menjadi tiga macam, yaitu: etika deskriptif, etika normatif dan etika metaetika. Sedangkan moral terbagi menjadi moral keagamaan dan moral sekuler.

referensi:
    • yohanalissogara

Subscribe to receive free email updates: