7 Usaha Makanan yang Laris Saat Bulan Puasa Ramadhan


Ramadhan akan tiba, suasana Ramadhan semakin tampak dan terasa didalam dada. Ramdhan merupakan bulan yang penuh berkah dimana para umat Islam di anjurkan untuk terus beribadah sehingga dapat meninngkatkan pahala yang dapat membantu kita kelak di kahirat nanti. Jika mendengar bulan Ramadhan maka pastilah tidakasing dengan yang namanya berp[uasa. Puasa merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim di dunia. Puasa hanya di lakukan satu bulan dalam satu tahun, hanya di lakukan dalam bulan Ramadhan, oleh karena itu bulan Ramadhan menjadi bulan yang special.

Berbicara tentang puasa, tidak asing bagi kita untuk membiacarakan tentang makanan. Makanan – makan yang sering muncul di pasaran kala puasa datang hanya dapat kita nikmati atau hanya akan sedap kita nikmati di bulan puasa saja, bukan? Kali ini kita akan melihat makanan apa saja sih yang sering muncul di pasaran ketika bulan puasa;

1. Bubur Kanji Rumbi

Bubur ini tidak asing bagi para pecinta bubur, walaupun bubur ini dapat di ebli di luar bulan puasa atau bahkan bisa di buat sendiri di rumah tapi kelezatannya hanya akan begitu tersa jika di santap pada bulan Ramadhan. Kanji Rumbi juga tidak hanya hadir dalam kedai – kedai yang menjual takjil, tetapi juga sering hadir di Mesjid – mesjid yang menyediakan makanan gratis untuk buka puasa. Seperti di Aceh misalnya, Kanji Rumbi dapat kita jumpai di banyak kedai yang menjual takjil dan juga di Mesjid yang memberikan Kanji Rumbi Secara gratis.

2. Lemang

Lemang adalah makanan yang di buat dari beras ketan kemudina di masak dalam seruas bambu setelah sebelumnya di gulung mengunnakan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras ketan dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan kedalam seruas bambu, lalu dibakar sampai matang. Lemang ini sangat lezat di santap dalam keadaan hangat. Ada yang menyantapnya dengan menambahkan manis seperti selai, kinca, ataui serikaya. Atau dengan rasa asin seperti rendang, telur, dan lauk – pauk lainnya. Atau ada juga yang memakannya dengan buah – buahan seperti durian. Makanan ini dapat di temukan di beberapa Negara seperti Brunei, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Lemang sendiri merupakan salah satu makanan yang berasal dari suku Melayu.

3. Kolang – kaling

Tidak ada yang asing dengan nama yang di sebutkan di atas, bukan? Salah satu makanna yang sering diolah menjadi kolak ini bertektur licin dan agak kenyal, biasanya dapat kita jumpai di pasaran berwarna putih bersih. Kolak kolang – kaling merupakan rekomendasi makanan yang harus kamu masukkan ke dalam daftar menu usaha jualan buka puasa kamu tahun ini ya teman – teman. Kolak kolang – kaling biasa juga di campur dengan beberapa bahan lainnya seperti nangka atau pisang untuk menambah cita rasa.

4. Gulai Kakuwah

Gulai Kakuwah juga menjadi salah satu makanan yang sering di cari oleh banyak orang di bulan Ramadhan. Selain rasanya enak, kuliner ini juga merupakan salah satu makanan yang paling di cari sebagai menu sahur di daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Makanan khas Ramadhan ini dibuat dengan berbagai jenis ikan laut ataupun ikan tawar yang mahal seperti tenggiri, gemolo, dan ikan kurau yang dimasak memakai kuah, tetapi kuahnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu kering.

5. Bangka Kopyor

Bubur nangka dan kelapa kopyor ini juga merupakan makanan Khas Ramadhan yang sering dimucul di kuliner Ramadhan dan juga banyak di cari oleh para pembeli. Dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, serta roti tawar. Biasanya di jual dengan harga berkisar dari 3000 – 5000 rupiah. Hingga kini makanan ini masih menjadi menu spesial yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai.

6. Pakat

Makanan khas masyarakat tapanuli yang sering muncul di bulan Ramadhan ini juga menjadi salah satu makanan yang paling di cari di bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan yang disebut pakat. Pakat ini adalah makanan yang hanya dapat kamu temukan di Medan pada saat bulan Ramadhan. Terbuat dari rotan muda yang dipotong tidak terlalu panjang kemudian di bakar di atas tungku. Setelah matang kulitnya di kupas dan diambil isi dalamnya yang berwarna putih, kemudian di potong – potong dan di santap dengan santan agar lebih nikmat.

7. Ketan Bintul

Merupakan makanan khas Ramdhan yang berasal dari kota Serang, Banten yang sangat terkenal. Makanan ini sudah ada sejak 15 abad yang lalu dan masih bertahan sampai saat ini menjadi salah satu kuliner yang paling di cari di bulan Ramadhan. Konon katanya makanan ini merupakan makanan kesukaan para raja Banten dan merupakan makanan kegemaran Sultan Maulana Hasanuddin, yaitu seorang pangeran yang yang menjadi panutan masyarakat Banten pada masa itu.

Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin mulai berbisnis kuliner di bulan puasa ini. Bisa juga menjadi rekomendasi untuk bukaan yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Bulan Ramadhan merupakan dimana kita dapat mengoreksi diri, lebih mendekatkan diri lagi kepada sang maha kuasa. Belajar meninggalkan dunia dan mulai mendekatkan diri pada akhirat. Karna bagaimanapun sukses dan kayanya kita di dunia semua itu tidak akan kita bawa ke kubur nanti. Hanya amal yang menemani kita di alam sana. Selamat puasa bagi bagi teman – teman yang menjalankannya.

Subscribe to receive free email updates: