5 Peluang Usaha Minuman di Bulan Puasa Ramadhan


USAHA MINUMAN DI BULAN RAMADHAN - Ramadhan akan segera tiba, segala persiapan sudah harus di persiapkan. Selain persiapan jasmani, persiapan rohani juga sudah harus di siapkan. Saling meminta maaf atau lebih dulu meminta maaf kepada kerabat – kerabat terdekat atas semua kesalahan tutur kata yang mungkin tanpa sadar kita lakukan selama ini. Agar puasa menjadi lebih damai dan afdhal nantinya, lebih baik melepas semua rasa kesal dan sakit hati di dalam dada.

Selain makanan, minuman juga menjadi salah satu item yang paling di cari saat takjil. Bagaimana tidak, setelah berpuasa seharian tubuh pasti membutuhkan cairan, dan pastilah hal pertama yang paling diinginkan banyak orang adalah minuman menyegarkan. Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi minuman khas bulan Ramdhan yang bisa di jadikan bisnis dagang atau persiapan takjil di rumah;

1. Sop Buah

Hidangan yang satu ini yang paling di cari saat buka puasa, selain tampangnya yang begitu menyegarkan, rasa dan bahan bakunya juga dari berbagai jenis buah – buahan yang segar. Sop buah biasanya terdiri dari berbagai buah – buahan segar yang dipotong dalam bentuk dadu (kecil – kecil) seperti; pepaya, anggur, bengkoang, melon, dan lain – lain, kemudian di campur dengan susu vanila kental manis, di beri air, dan es batu.

2. Es Shanghai

Es Shanghai sering disebut sebagai kudapan Jadul karena kudapan ini pernah populer di masa – masanya orang tua kita muda dulu. Walaupun jadul, minuman yang satu ini adalah salah satu rekomendasi yang tidak dapat di tolak untuk minuman buka puasa. Es Shanghai biasanya tidak memiliki resep tersendiri seperti minuman – minuman lainnya. Pembuatannya bisa di sesuaikan dengan zaman atau ketersedian yang ada di kulkas, minuman ini merupakan salah satu minuman yang membuat kita bebas berkreasi dengan bahan – bahan yang tersedia atau sesuai selera.

Orang – orang biasanya meneggunakan bahan – bahan seperti cincau hitam, nata de coco, tape singkong, kolang – kaling, dan juga kacang hijau rebus. Jika teman – teman ingin berkreasi dengan menambah hal – hal lainnya kalian bebas berkreasi sesuai selera.

3. Es kelapa Muda

Ini minuman yang paling banyak di jual di pasaran ketika sore hari di bulan Ramdhan. Setiap sudut pasti saja banyak kelapa muda yang bertumpuk – tumpuk menarik perhatian pembeli. Minuman yang paling simpel ini menjadi menu yang paling laris jika kamu ingin berbisnis kuliner pada bulan Ramadhan. Buatnya juga tidak repot, air kelapa muda yang di cam[ur dengan daging kelapa yang di serut tipis – tipis, di campur dengan jeruk nipis dan gula, dan jangan ketinggalan es batu. Minuman siap di sajikan.

4. Es Blewah

ini satu lagi minuamn sederhana yang menjadi primadona di bulan Ramadhan. Es belwah merupakan minuman yang paling mudah di temukan karena banyak di jajakan di pinggir jalan, harganya juga terbilang sangat terjangkau. Agar lebih menarik Es blewah biasanya di olah dengan berbagai variasi, dicampur dengan beberapa bahan pendukung lainnya seperti; cincau hitam,buah ceri merah, sirup coco, susu kental manis, dan es batu secukupnya.

Selain menyegarkan blewah juga mengandung gizi yang tinggi. Beberapa manfaat yang dimiliki blewah sepeti dapat menurunkan hipertensi, sebagai daya tahan tubuh, dapat menyehatkan ginjal, limpa dan dapat digunakan untuk mengobati sariawan.

5. Es Cendol

Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Asia tenggara yang sering di jajakan di pinggir jalan. Meski di jajakan di pinggir jalan, cita rasanya bisa merebut hati orang – orang dari berbagai kalangan usia dan sosial. Cendol salah satu minuman yang di cari ketika bulan Ramdhan. Selain di Indonesia Cendol juga dapat di temukan di Myanmar, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, hingga Brunei. Cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es serut, dantan dan sirup gula jawa.

Tepung beras, air, air suji, garam, dan pewarna makanan hujai tua di larutkan, kemudian di masak sampai meletup – letup dan kalis. Lalau di tuang kedalam cetakan cendol, tekan diatas baskom yang berisi air dingin sambil di goyang – goyang. Saring cendol dan kemudian di sisihkan. Untuk kuah kita membutuhkan santan, santan kemudina di rebus dengan garam dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidihkan kemudian dinginkan. Yang terakhir sajikan Cendol bersama sirup, kuah santan, dan es batu secukupnya.

Semoga beberapa rekomendasi di atas dapat menjadi referensi menu buka puasa kamu di bulan Ramadhan, atau menjadi referensi untuk bkamu yang mau memulai bisnis kuliner di bulan Ramadhan nanti. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Selain fokus dengan bisnis kuliner ada baiknya juga jika kita fokus pada ibadah. Semoga kita dapat beribadah lebih dari bulan – bulan bisanya. Semoga Ramadhan dapat memberikan kita perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Selamat menunaikan ibadah puasa semuanya.

Subscribe to receive free email updates: