Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 SMA Negeri di Kota Metro


Kota Metro adalah kota di Lampung yang memiliki enam SMA negeri dengan berbagai keunggulan. SMA negeri di Kota Metro menawarkan pilihan jurusan, fasilitas, dan ekstrakurikuler yang beragam dan berkualitas. Beberapa SMA negeri di Kota Metro juga memiliki prestasi akademik dan non-akademik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut ini adalah daftar SMA negeri di Kota Metro beserta alamat dan informasi singkatnya:

1. SMA Negeri 1 Metro 

SMA Negeri 1 Metro: Sekolah Menengah Atas Pertama dan Unggulan di Kota Metro, Lampung

SMA Negeri 1 Metro adalah sekolah menengah atas yang bersejarah di kota Metro, Lampung. Sekolah ini merupakan sekolah pertama yang didirikan di kota Metro pada tahun 1959 dengan nama SMA Persiapan Negeri Metro. Sekolah ini terletak di Jalan AH Nasution 222, Yosodadi, Metro Timur, Lampung.

Sekolah ini telah meraih akreditasi A dan menawarkan dua jurusan, yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sekolah ini memiliki jumlah siswa sebanyak 648 orang dengan maksimal 36 orang per kelas. Sekolah ini juga telah mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak sejak tahun 2019.

Sekolah ini memiliki visi "Disiplin, Unggul, Dilandasi Iman dan Taqwa (Digul Imtaq)". SMA Negeri 1 Metro dikenal sebagai salah satu sekolah unggulan di tingkat regional Lampung. Sekolah ini telah mencetak banyak alumni yang berprestasi di berbagai bidang.


2. SMA Negeri 2 Metro

SMA Negeri 2 Metro adalah sekolah menengah atas negeri yang beralamat di Jalan Sriwijaya No.16A, Ganjaragung, Metro Barat, Kota Metro, Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 1991 dan menawarkan dua pilihan jurusan, yaitu MIPA dan IIS. Sekolah ini memiliki jumlah siswa sekitar 756 orang dan menerapkan Kurikulum 2013 revisi 2017 yang terbaru. Sekolah ini juga memiliki status akreditasi A.

SMA Negeri 2 Metro menyediakan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan modern, antara lain: Ruang kelas, Perpustakaan, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Ruang Multimedia, Saung (3 buah), Ruang OSIS, Masjid Al-Firdaus, Ruang Ibadah, Kantin, Ruang Seni, Wi-Fi (100mbps), Lapangan Volly, Lapangan Basket, Parkir, Ruang PIK-R, Green House, Toilet esklusif (khusus disabilitas), dan UKS.

SMA Negeri 2 Metro juga mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang menarik dan bermanfaat, seperti: OSIS /PK, Futsal, Basket, Multimedia, Paskibraka, BRIGPASDA, PMR, PALMENDA, ROHIS, Al-Nahl, Pramuka, Seni Tari, Seni Musik / Tradisional, Seni Rupa, Theater, Seni Lukis, Volleyball, English Club, Sofbol, PIK-R, dan KIR.


3. SMA Negeri 3 Metro 

SMA Negeri 3 Metro adalah sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri yang Berlokasi di Jl. Naga No.29, Banjarsari, Karangrejo, Metro Utara, Kota Metro, Lampung, Indonesia. Sekolah ini didirikan pada tahun 1996 dan menawarkan jurusan IPA dan IPS. SMA ini memiliki jumlah siswa sekitar 453.

Sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurikulum 2013. SMA Negeri 3 Metro memiliki akreditasi A.

Fasilitas yang dimiliki SMAN 3 Metro antara lain: Kelas, Perpustakaan, Ruang Osis, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa.

SMA Negeri 3 Metro juga memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya: Paskibra, Futsal, English Club, Kerohanian Islam (Rohis), Palang Merah Indonesia (PMI), Karya Ilmiah Remaja (KIR), Softball (GARMET), Pramuka, UKS, Badminton 4 Pilar Negara, Cinematography, Pencak Silat Hapkido, Basket (TIMET).


4. SMA Negeri 4 Metro

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Metro berdiri pada Tahun Pelajaran 2001/2002. Sekolah ini berlokasi di Jalan Raya Stadion 24 Tejosari Metro Timur, Kota Metro, Lampung. SMA Negeri 4 Metro mampu memperoleh pengakuan dari masyarakat baik lokal, regional maupun nasional dengan indikator diantaranya sebagai berikut: Bidang Akademik ditunjukkan oleh hasil Ujian Nasional selalu lulus 100%, SMAN 4 Metro mampu menempatkan wakilnya di Top Ten lomba OSN tingkat Kota. Indikasi lain adalah bahwa SMA Negeri 4 Metro mampu memfasilitasi peserta didik diterima di Perguruan Tinggi Negeri lebih dari 30% antara lain IPB, UGM, UI, ITB, UNIBRAW, UPI, USU,UNY, UNSUD, UNDIP, UNJ, UNSRI, UNILA dan STAN.

Adapun pelajaran yang diberikan meliputi semua mata pelajaran wajib sesuai kurikulum yang berlaku dengan tambahan pilihan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler sekolah seperti karate, basket, futsal, grup belajar science dan lainnya.

5. SMA Negeri 5 Metro

SMA Negeri 5 Metro adalah salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi, Yosomulyo, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 2007 dan menawarkan jurusan IPA dan IPS. SMA ini memiliki jumlah siswa sekitar 24 kelas.

Sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurikulum 2013. SMA Negeri 5 Metro memiliki akreditasi A.

Fasilitas yang dimiliki SMAN 5 Metro antara lain: Kelas, Perpustakaan, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Komputer, Masjid, Kantin, Lapangan Upacara, Lapangan Olahraga, Ruang UKS, Toilet.

SMA Negeri 5 Metro juga memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya: Palang Merah Remaja (PMR), Rohani Islami, Paskibra, KIR, English Club, Basket, Footsal, Seni, Pramuka.

6. SMA Negeri 6 Metro 

SMA Negeri 6 Metro adalah salah satu sekolah menengah atas yang berada di kota Metro, Lampung. Sekolah ini merupakan sekolah terbaru yang didirikan pada tahun 2010. Sekolah ini menawarkan dua pilihan jurusan, yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sekolah ini memiliki populasi siswa yang cukup besar, yaitu lebih dari 500 siswa. Rasio siswa dan guru di sekolah ini adalah 32:1. Sekolah ini terletak di JL. FKPPI RT.27 RW.07, Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, Lampung.

SMA Negeri 6 Metro mengadopsi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kurikulum 2013 sebagai pedoman pembelajaran. Sekolah ini juga telah mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan peringkat A.

SMA Negeri 6 Metro menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar, seperti: Kelas yang nyaman, Perpustakaan yang lengkap, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Komputer yang modern.

SMA Negeri 6 Metro juga mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti: Rohani Islam (Rohis Smansix) yang membina keimanan dan ketaqwaan, Pencinta Alam Jayabaya yang menjaga lingkungan hidup, KIR AD (Kelompok Ilmiah Remaja Apis Dorsata) yang menumbuhkan jiwa penelitian.