Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cerita Kancil Menjadi Hakim dalam Bahasa Inggris dan Artinya


The Mousedeer Becomes a Judge 

Once upon a time, there was a clever mousedeer who lived in the forest. He was known for his wit and cunning, and he often outsmarted other animals. One day, two men came to see King Solomon and complained that a hoe that one of them had borrowed from the other had been eaten by worms. The king was puzzled by this strange case and called the mousedeer to be the judge. The mousedeer went to the river and bathed in mud. Then he rolled in the dust and dried himself under the sun. He looked very old and wise with his gray fur. 

The mousedeer came to the court and asked the two men to tell their story. The first man said that he had lent his hoe to the second man, but when he asked for it back, the second man said that it had been eaten by worms. The second man said that it was true and he had nothing to pay for the hoe. The mousedeer pretended to think hard and then said, "I have a solution. You, the borrower, must bring me a worm that can eat iron. And you, the lender, must bring me a hoe that can resist worms. If you can do that, I will decide who is right and who is wrong." 

 The two men were stunned by the mousedeer's request. They realized that they had been lying and cheating each other. They felt ashamed and confessed their faults. The first man admitted that he had sold the hoe and spent the money. The second man admitted that he had never borrowed the hoe and just wanted to get some money from the first man. The king was angry and ordered them to be punished. The mousedeer was praised for his cleverness and justice. He returned to the forest and continued his adventures. 

Artinya

Kancil Menjadi Hakim

Pada zaman dahulu, ada seekor kancil yang cerdik yang tinggal di hutan. Dia terkenal dengan kecerdasan dan kelicikannya, dan dia sering menipu binatang lain. Suatu hari, dua orang lelaki datang mengadap Raja Sulaiman dan mengadu bahwa beliung yang dipinjam oleh salah seorang dari mereka telah dimakan ulat. Raja bingung dengan kasus aneh ini dan memanggil kancil untuk menjadi hakim. Kancil pergi ke sungai dan mandi berlumpur. Lalu dia berguling di dalam debu dan mengeringkan diri di bawah matahari. Bulunya tampak tua dan bijaksana dengan warna abu-abu. 

Kancil datang ke pengadilan dan meminta kedua lelaki itu menceritakan kisah mereka. Lelaki pertama berkata bahwa dia telah meminjamkan beliungnya kepada lelaki kedua, tetapi ketika dia memintanya kembali, lelaki kedua berkata bahwa beliung itu telah dimakan ulat. Lelaki kedua berkata bahwa itu benar dan dia tidak punya apa-apa untuk membayar beliung itu. Kancil pura-pura berpikir keras dan kemudian berkata, "Saya punya solusi. Kamu, yang meminjam, harus membawa saya seekor ulat yang bisa makan besi. Dan kamu, yang meminjamkan, harus membawa saya beliung yang bisa tahan ulat. Jika kamu bisa melakukan itu, saya akan memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah." 

Kedua lelaki itu terkejut dengan permintaan kancil. Mereka sadar bahwa mereka telah berbohong dan menipu satu sama lain. Mereka merasa malu dan mengaku salah. Lelaki pertama mengakui bahwa dia telah menjual beliung itu dan menghabiskan uangnya. Lelaki kedua mengakui bahwa dia tidak pernah meminjam beliung itu dan hanya ingin mendapatkan uang dari lelaki pertama. Raja marah dan memerintahkan mereka dihukum. Kancil dipuji karena kecerdasan dan keadilannya. Dia kembali ke hutan dan melanjutkan petualangannya.

Posting Komentar untuk "Cerita Kancil Menjadi Hakim dalam Bahasa Inggris dan Artinya"