Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2


CONDITIONAL SENTENCE TYPE 2 - Selamat datang kembali di ruang belajar kami, bagaimana keadaan teman - teman sekalian hari ini? Semoga teman - teman semua dalam lindungi Tuhan dan dalam keadaan yang sehat walafiat. Dalam hiruk pikuk kehidupan yang tidak ada jedanya, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh lebih serius lagi. Olah raga menjadi salah satu solusi untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit setiap hari.

Selain untuk menjaga kesehatan, olah raga juga dapat membawa pemikiran positif dalam diri kita. Positive thought sangat penting bagi perkembangan diri, dalam fikiran yang positif masa depan dan rencana besar juga akan lahir. 

Begitu juga dalam memperbarui diri, pemikiran positif akan mempermudah kamu untuk upgrade diri lebih baik lagi. Mengasah skill bahasa Inggris merupakan salah satu upgrade diri yang sangat positif, lho.

Seperti hari ini kami membawa upgrade pembahasan baru di ruang belajar bahasa Inggris kami. Tanpa buang - buang waktu lagi ayo langsung saja kita lihat pembahasan singkat dibawah ini;

Conditional type 2 menjelaskan sebuah tensis atau waktu yang saat ini atau kapanpun terjadi, dan situasi tersebut tidaklah nyata, situasi yang terjadi tidak berdasarkan fakta, dan situasi tersebut merujuk pada kondisi yang tidak mungkin terjadi dan hasilnyapun merupakan sebuah “kemungkinan”.

RUMUS YANG DIGUNAKAN;

IF  + SIMPLE PAST, PRESENT CONDITIONAL (WOULD, COULD, MIGHT.)

Contohnya;

If the weather wasn’t so bad, we would go to the park (jika cuacanya tidak buruk, kita akan pergi ke taman) pada kenyataanya cuaca buruk sehingga mereka tidak dapat pergi.

Present Conditional Tense mendeskripsikan situasi saat ini yang tidak nyata atau tidak sedang terjadi. Para pengajar bahasa Inggris yang biasanya menyebut ini sebagai “Present Unreal” dan “Present Contrary – to – fact”.

Cotohnya: if i had a million dollars, i would give it away to all my friend (jika aku punya jutaan dolar, aku akan membagikannya kepada teman – temanku)

Penjelasannya; “If i had a million dollars” merupakan past tense, tapi mendeskripsikan sebuah situasi yang tidak mungkin terjadi di masa sekarang. “I would give it away to all my friends” menjelaskan hasil dari kondisi tersebut. Pada kasus ini kita dapat menggunakan “Would”, “Could”, “Might”, or “Should”. 

Maka mari kita lihat beberapa contoh kalimat conditional tense type 2:

  1. If i was the president, i would give everyone free meal every thrusday (jika aku seorang president, aku akan memberikan semua orang makanan gratis setiap hari)
  2. If you really loved me, you would buy me a diamond ring (jika kau benar -benar mencintaimu, kau akan memberimu sebuah cincin permata)
  3. If i knew where she lived, i would go to see her (jika aku tau dimana dia tinggal, aku akan pergi menemuinya)
  4. If i were you, i would give up smoking (jika aku jadi dirimu, aku akan berhenti merokok)
  5. If i knew she was sick, i could safe her (jika aku tau dia sakit, aku akan menyelematkannya)
  6. They wouldn’t invite her if they didn’t like her (mereka tidak akan mengundangnya, jika mereka tidak menyukainya)
  7. If i had more money, i would be able to buy my new phone (jika aku punya uang lebih banyak, aku bisa membeli hp baru)
  8. If she had more time today, she could meet her friends for dinner (jika dia memiliki waktu lebih hari ini, dia akan bisa bertemu dengan temannya untuk makan malam hari ini) 
  9. If i knew how to sing, i could probably make a little money playing guitar on the weekends (jika aku tau bagaimana caranya bernyanyi, aku mungkin akan menghasilkan sedikit uang dari bermain gitar di akhir pekan) 
  10. if the bird could sing, my mom would buy hundres of them for our back yard (jika burung dapat bernyanyi, Ibuku akan membeli ratusan burung untuk halaman belakang rumah kami)
  11. If I knew how to speak Korean, I could probably looking for a job there (jika aku paham bahasa Korea, mungkin aku bisa mencari pekerjaan di sana)
  12. If I could turn back time, I would study hard so I can graduate and get a better job (jika aku bisa mengulang waktu, aku akan belajar giat jadi aku bisa lulus dan mendapatkan pekerjaan yang baik)
  13. She would borrow her brother a car, if she had one (dia akan meminjamkan adiknya mobil, jika saja dia punya mobil)
  14. I could go to the concert, If I have some spare money to buy the ticket (aku bisa pergi ke  konser, jika aku punya uang cadangan untuk membeli tiket)
  15. If I wrote her a letter, she probably would understand what I feel about her (jika aku menulis surat untuknya, dia mungkin akan paham tentang apa yang kurasakan terhadapanya)

Ruang belajar bahasa Inggris kami hadir untuk membantu teman - teman semua dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kami hadir dengan topik - topik ter-
update untuk membantu teman - teman semua untuk upgrade skill bahasa Inggris. Tetap jaga stamina dan kesehatan kalian semua ya, sampai jumpa di ruang belajar bahasa Inggris selanjutnya. 

Posting Komentar untuk "Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 2"