Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan dan Contoh WILL VS BE DOING TO Dalam Kalimat Bahasa Inggris



PERBEDAAN, DAN CONTOH "WILL VS BE DOING TO " DALAM KALIMAT BAHASA INGGRISHello good people, welcome back to our english class. Kelas terbaik untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula yang sedang konsentrasi belajar menggunakan sistem otodidak. 

Terimakasih sudah kembali ke ruang belajar bahasa Inggris kami. Seperti biasa kami kembali dengan pembahasan - pembahasan  baru yang berguna untuk pembelajaran bahasa inggris teman - teman sekalian. Hari ini kita akan kembali dengan pembahasan grammar lainnya; perbedaan will dan be going to. 

Tentu kedua kata tersebut sering kita dengarkan dalam bahasa Inggris sehari - hari. Seperti dalam buku cerita, naskah film, ataupun lirik lagu. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita lihat penjelasan singkat dibawah ini:

Will digunakan ketika merujuk pada masa depan dengan mengandung ‘kemungkinan’, digunakan pada kejadian yang baru terjadi, sebuah keputusan yang akan terjadi berulang - ulang.

Going to digunakan merujuk pada kejadian yang sudah direncanakan sebelumnya. 

Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa bentuk yang dapat digunakan untuk merujuk pada masa depan. 2 bentuk yang paling sering digunakan adalah will atau going to, biasanya digunakan pada percakapan kasual, kedua kata tersebut dapat digunakan secara bergantian (mengandung makna yang sama). Namun pada kegiatan menulis yang lebih formal, terdapat sedikit perbedaan. Untuk dapat terlihat lebih akurat lagi "will" digunakan pada event - event atau kejadian yang yang baru terjadi, sebuah prediksi masa depan yang jelas, dan pada event yang pasti akan terjadi di masa depan. 

Berikut beberapa cara penggunaannya:
  1. Penggunaan Will dalam simple future tense

simple future merupakan grammar yang mengindikasikan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Sebuah kalimat masa depan yang mengandung "will" berarti mengandung kepastian yang hakiki. 

Rumusnya: subject + will + base of a verb

Contoh:

I will eat at kfc (saya akan  makan di KFC)


Rumus negatif: subject + will not + base of a verb 

Contoh:

I will not join you for lunch today (aku tidak akan ikut makan siang denganmu hari ini)

I won't be going going home tonight (aku tidak akan pulang ke rumah malam ini)

Sure, i'll get you a slice of pizza (tentu, aku akan mengambilkanmu sepotong pizza)


  1. Penggunaan Going to dalam simple future tense 

Ketika menggunakan going to, kata kni swring mereferensikan makna bahwa sebuah event sudah direncanakan jauh - jauh hari.

Misalnya: Last week, they decide they are going to get married october. 

Going to juga digunakan ketika terdapat sebuah bukti "masa depan" yang menekankan bahwa event ini akan benar - benar terjadi.


Rumus: subject + form of "to be" (am,is,are) going to+ base of verb

Contohnya:

I'm going to travel to Denmark for vacation next month (aku akan jalan - jalan ke Denmark bulan depan)

He is going to go to his parents house (dia akan pulang ke rumah orang tuanya )


Contoh lainnya:

  1. I'm going to the gym with my wife tonight (aku akan pergi ke gym bersama istriku malam ini)

  2. She is going to Japan for master degree(dia akan  pergi ke Jepang untuk melanjutkan S2)

  3. They are going to sell the car to pay her daughter treatment bill (mereka akan menjual mobil untuk membayar biaya pengobatan anak perempuan mereka)

  4. I will tell my mom that i'm not going home tonight (aku akan mengatakan pada ibuku bahwa aku tidak pulang ke rumah malam ini)

  5. I'm going to study Japanese language in University of Indonesia (saya akan belajar bahasa Jepang di UI)

  6. Fina is going to write a journal for her study (Fina akan menulis jurnal untuk sekolahnya)

  7. They won't come to the party on Saturday (mereka tidak akan datang ke pesta pada hari Sabtu)

  8.  I will not come to math class today because i have to take care of my mother in hospital (aku tidak akan datang ke kelas matematika hari ini karena aku harus menjaga ibuku di rumah sakit)

  9. She is going to travel around the world by herself (dia akan jalan -  jalan keliling dunia sendirian)

  10. We are not going to buy that haunted house (kami tidak akan membeli rumah berhantu itu)



Berikut penjelasan sederhana dari ruang belajar bahasa Inggris kami. Kami berharap semoga penjelasan singkat diatas dapat dipahami oleh teman - teman semuanya. Ruang belajar bahasa inggris kami ditulis dengan bahasa sederhana yang ramah untuk berbagai jenis kalangan pelajar. Jika kamu seorang pelajar otodidak yang belajar bahasa inggris murni sendirian tanpa pengajar maka ruang belajar kami adalah tempat yang tepat untuk di kunjungi.

Kami akan kembali setiap harinya dengan penjelasan - penjelasan bahasa inggris terbaru. Sampai jumpa di ruang belajar bahasa Inggris selanjutnya~